Pages

Selasa, 23 Februari 2010

SISTEM EKONOMI SYARI'AH

Salah satu solusi penting yang harus diperhatikan pemerintahan dalam merecovery ekonomi Indonesia adalah penerapan ekonomi syari’ah. Ekonomi syari’ah memiliki komitmen yang kuat pada pengentasan kemiskinan, penegakan keadilan pertumbuhan ekonomi, penghapusan riba, dan pelarangan spekulasi mata uang sehingga menciptakan stabilitas perekonomian.Ekonomi syari’ah yang menekankan keadilan, mengajarkan konsep yang unggul dalam menghadapi gejolak moneter dibanding sistem konvensional. Sementaritudinamikasistemekonomisyari’ahsemakin menggelora terukur.masyarakat semakin kritis tentang bagaimana mekanisme investasi dengansistem berbagi laba dan rugi itu berlanjut, kita mengetahui bahwa perangkat hukum yangakan mampu menumbuh-kembangkan sistem ekonomi Islami terasa benarkekurangannya, baik dari segi jumlah maupun kualitasnya.
Kekurangannya ialah Selama ini, sistem ekonomi dan keuangan syari’ah kurang mendapat tempat yang memungkinkannya untuk berkembang. Ekonomi Islam belum menjadi perhatian pemerintah. Sistem ini mempunyai banyak keunggulan untuk diterapkan, Ekonomi Islam bagaikan pohon tumbuhan yang bagus dan potensial, tapi dibiarkan saja, tidak dipupuk dan disiram. Akibatnya, pertumbuhannya sangat lambat, karena kurang mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan pihak-pihak yang berkompeten
Kelebihannya ialah sistem ekonomi diindonesia sudah terdapat undang -undang nya untuk mengatur sistem tersebut.Sehingga tidak terjadi kesimpang siuran antara sistem ekonomi yang berdasarkan syari'ah dengan sistem ekonomi yang berdasarkan kepada peraturan negara.
Jadi menurut saya,sistem ekomomi syari'ah ini memang sangat diperlukan untuk bangsa ini karena bisa lebih meningkatkan perekonian yang bersyari'atkan kepada ajaran islam.Selain itu juga Ekonomi syariah di Indonesia telah menunjukkan ketangguhannya di masa krisis dan lagi pula dalam praktek perekonomian di Indonesia selama ini, Indonesia sudah menerapkan dual system, yakni konvensional dan sistem ekonomi syari’ah, terutama yang berkaitan dengan lembaga perbankan dan keuangan,.

Referensi :

http://www.pesantrenvirtual.com/index.php/ekonomi-syariah/1239-bagian-ke-ii-dari-tiga-tulisan
http://www.pesantrenvirtual.com/index.php/ekonomi-syariah/1256-sejarah-festival-ekonomi-syariah-di-indonesia
http://www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More