Pages

Jumat, 12 Februari 2010

PRILAKU DARI SEORANG ALAY

Karena mungkin sudah perkembangan zaman yang terus meningkat sehingga prilaku dan karakter manusia kian berubah.Bagaimana tidak,kita bisa lihat secara gamblang prilaku manusia saat ini terutama yang mengaku kaula muda.Mereka mulai berpenampilan aneh yang menurutnya sudah menjadi trend untuk bangsa ini.Mulai dari pakaian,sikap bahkan sampai pada tata kehidupannya pun sudah benar – benar berubah.Menganggap harus mengikuti orang barat dalam berpenampilan sebutlah saja prilaku ini adalah Alay.berikut ini pengertian dari beberapa pendapat mengenai alay :
Koentjara Ningrat:
"Alay adalah gejala yang dialami pemuda-pemudi Indonesia, yang ingin diakui statusnya diantara teman-temannya. Gejala ini akan mengubah gaya tulisan, dan gaya berpakain, sekaligus meningkatkankenarsisan, yang cukup mengganggu masyarakat dunia maya (baca: Pengguna internet sejati, kayak blogger dan kaskuser). Diharapkan Sifat ini segera hilang, jika tidak akan mengganggu masyarakat sekitar"
Selo Soemaridjan:
"Alay adalah perilaku remaja Indonesia, yang membuat dirinya merasa keren, cantik, hebat diantara yang lain. Hal ini bertentangan dengan sifat Rakyat Indonesia yang sopan, santun, dan ramah. Faktor yang menyebabkan bisa melalui media TV (sinetron), dan musisi dengan dandanan seperti itu”
Ciri – cirri dari prilaku Alay :
a)Biasanya selalu memakai tulisan atau teks besar kecil –besar kecil terutama pada saat SMS seseorang melalui ponsel.
b)Suka bergaya kebarat – baratan tetapi bila ditanya ia akan asal mulanya tidak tahu.
c)Ketika berSMS dengan temannya ia akan menyisipkan kata – kata aneh yang tak sesuai dengan B.Indonesia,contoh : "aQuWh, maNi3eZz,Dll."
d)Badan terlihat kurus kerempeng dan selalu memegang rambut tetapi bergaya seperti orang yang terkenal di muka umum.
e)Beraninya disaat bersamaan bila membuat ulah,tidak berani melakukan sendiri.
f)Berprilaku seperti tak biasanya,sok imut,sok kaya,sok camtik,sok keren dan lain

Itulah sebagian bererapa hal tentang alay yag mungkin kita sering melihatnya dipinggir – pinggiran jalan.Atau biasa berpangkal di tempat yang terlihat ramai,seperti station,terminal dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More