Pages

Kamis, 20 September 2012

Aplikasi Informasi Obat Tradisional Berbahan Tanaman Dan Obat Modern Berbahan Kimia Dengan Menggunakan Eclipse Galileo dan SQLite

Dunia teknologi saat ini semakin pesat perkembangannya seiring dengan kemajuan zaman, salah satunya teknologi mobile. Teknologi yang berbasiskan mobile yang biasa kita sebut dengan handphone kini semakin banyak diminati oleh pengguna. Teknologi mobile bisa digunakan untuk mengirimkan pesan, telepon, bermain game, aplikasi ataupun jejaring social seperti facebook. Bahkan dengan handphone kita bisa mencari berbagai macam informasi dengan mudah. Indonesia memiliki lebih dari 100 tanaman obat tradisional, salah satunya adalah tanaman obat brotowali. Tanaman obat tersebut memiliki khasiat dan komposisi didalamnya antaralain sebagai obat reumatik dan demam. Sedangkan untuk komposisi atau bahan kimianya terdapat alkaloid, dammar lunak, glikosida pikrotosid Tanaman obat ini biasanya terdapat di daerah perkampungan yang memiliki jumlah pepohonan dan tanaman relative banyak. Selain itu, pengguna Indonesia juga biasa menggunakan obat modern atau obat berbahan kimia salah satunya ialah obat antalgin. Obat tersebut mampu menghilangkan rasa sakit terutama setelah operasi. Obat kimia ini biasa pengguna temukan di apotik atau melalui resep dokter. Obat tradisional atau obat modern memiliki berbagai macam informasi khasiat dan komposisi pengobatan didalamnya seperti pada kedua contoh obat diatas.

  • Perumusan Masalah : Berdasarkan latar belakang di atas, Dalam penulisan ini, masalah yang akan dibahas yaitu bagaimana cara membuat dan merancang aplikasi informasi obat tradisional dan modern yang memberikan informasi secara cepat, tepat, mudah dan informatif bagi pengguna dalam mencari informasi tentang obat – obatan dengan menggunakan peralatan mobile yang memiliki sistem operasi Android. 
  • Batasan Masalah : Pada penulisan ini, penulis membatasi pembahasan seputar informasi obat tradisional & obat modern yang terdapat di Indonesia, khasiat dan komposisi obat tradisional dan modern , nama penyakit dan cara penyembuhannya, kuesioner pengetahuan tentang obat tradisional dan modern serta pencarian data otomatis melalui menu search. 
  • Tujuan Penelitian : Membuat aplikasi informasi obat tradisional dan modern sebagai alternative untuk memperoleh informasi secara cepat tentang obat – obatan kepada pengguna baik itu obat tradisional ataupun obat modern melalui media teknologi Mobile Android. Dengan harapan aplikasi ini dapat menjadi alternative untuk pengguna dalam mencari informasi obat – obatan secara tradisional dan modern.
 tampilan awal :
tampilan menu utama :
tampilan menu tradisional :
tampilan menu modern :
tampilan menu penyakit :
tampilan menu kuesioner :
tampilan menu searching :
sedangkan untuk pembuat aplikasi tampilanya :
Sedangkan untuk file .apk bisa diunduh di situs berikut : Download

4 komentar:

mas bleh ngak saya mnta file documentny ?

ka, bolrh minta file lengkapnya gak ?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More