Pages

Jumat, 26 Maret 2010

MENANAMKAN SIFAT PEMBERI KEPADA ANAK

Anak adalah suatu anugrah yang teramat penting bagi kedua orang tua.Dimana seorang anak dianugrahkan untuk melakukan hal yang terbaik bagi kehidupannya.Maka dari itu,anak yang baik akan memberikan contoh yang baik kepada lingkingannya.Seperti misalnya ialah sifat untuk senantiasa memberi (derma).Berikut ini akan dijelaskan beberapa sifat pemberi kepada anak,yaitu :

a) Memberikan contoh yang baik
Kita sebagai orang tua tidak mungkin meminta anak untuk berbagi muliknya .Jika kita tidak memberikan contoh langsung kepadanya.Misalnya ialah kita sedang makan,tawarkanlah sesuatu kepadanya sebagian makanan kepada orang lain.
b) Hormati hak – hak kepemilikannya
Saat kita memintanya untuk meinjamkan sesuatu kepada saudara atau kawannya,jangan paksakan jika ia belum mau.Maka,bujuklah dengan cara yang pelan – pelan dan tidak terlalu kasar.
c) Tunjukan bahwa berbagi kepada seseorang adalah hal yang menyenangkan
Misalnya saja dengan mengajaknya bermain bersama –sama kawannya secara bergantian.
d) Jangan sekali –kalai kita memaksa jika mood ia sedang tidak bagus
Kalau moodnya sedang tidak menyenangkan,pemaksaan justru akan menjadi boomerang bagi kita.Maka,bersabarlah dan tunggu sampai moodnya kembali normal dan menyenangkan.
e) Pahamilah situasi secara kakak –beradik
Anak mungkin akan mudah memberikan mainannya kepada temannya ketimbang kepada saudaranya.Pada pola hubungan kakak beradik,ada semacam hitung – hitungan.Sikap ini akan membuat mereka kesal dan iri satu sama yang lainnya.
f) Berilah pujian kepadanya
Ketika kita melihat si anak berlaku baik terhadap temannya atau saudaranya.Janganlah ragu untuk memberikan pujian atau reword kepadanya.Ini akan semakin membuat anak yakin dengan apa yang dilakkukannya dan tahu bahwa apa yang dilakukannya adalah baik.
g) Carilah sebuah solusi,bukan sebuah kesalahan
Ketika anak – anak berebut mainan dan tidak ada solusi diantara mereka,pisahkan mereka dan beri mereka pengertian supaya bisa berbaikan.Kuncinya,beri tahu anak –anak cara untuk menyelesaikan”pertikaian” diantara mereka.
h) Biasakan sikap peminta maaf
Jika anak merebut mainan temannya,tak ada salahnya kita meminta maaf kepada si teman atas kesalahan anak kita.Cara ini akan menunjukan bagaimana harus menghormati orang lain.

Referensi :koran Sindo dan pemikiran

1 komentar:

wah halaman yang sangat bagus begitu juga dengan artikelnya . saya sennang bisa menemukan artikel ini karena artikelnya menarik jadi saya membacanya juga dengan senang hatiii ..

terimakasih informasinya kakkk

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More