Pages

Kamis, 18 Maret 2010

CARA BIJAK MENGURANGI KADAR GARAM PADA MAKANAN

Makanan yang kita makan mayoritas terdiri dari garam.Oleh karena itu untuk menghindari kadar garam yang masuk kedalam tubuh kita.Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara bijak untuk mengurangi kadar garam pada makanan,yaitu :

1. Pilih makanan yang segar.Jika membeli makanan beku atau makanan kaleng,maka perhatikan abel yang tertera pada makanan tersebut,apakah ada tambahan garam di dalamnya.
2. Pilih kacang – kacangan atau biji –bijian yang tidak mengandung garam,termasuk kacang polong dan buncis.
3. Mulai sekarang jika ingin merubah pola hidup menjadi lebih sehat sekaligus menurunkan berat badan,maka hindari cemilan yang banyak mengandung garam.Sebut saja keripik kentang atau singkong yang bukan hanya banyak mengandung garam,tapi juga pewarna dan pengawet.
4. Pilih kaldu yang tanpa lemak dan bebas garam,termasuk juga sup.
5. Jika kita memasak,maka sebisa mungkin hanya menambah sedikit aram pada makanan.sebaiknya pilih sayur yang segar dari pada sayuran dalam kaleng untuk memasak.
6. Bagi penyuka yoghurt,mulai kini pilah gerai yogartatau produk yogurt.Pastikan kita mengkonsumsi yoghurt dengan rendah lemak.PIlih juga susu tanpa lemak atau rendah lemak,termasuk juga produk keju yang rendah lemak.
7. Tidak ada salahnya kita mencoba untuk tidak terlalu bergantung pada garam ataupun penyedap rasa,untuk melezatkan masakan.Jika ingin masakan lebih terasa,perbanyak penggunaan bumbu dan rempah,kenbanyakan cabai misalnya,hanya mengandung sedikit sodium.
8. Ketika memasak ikan dan sayuran,coba ganti garam dengan perasan jeruk lemon,bersantap direstoran,kita bisa meminta kepada pelayan restoran itu untuk mengurangi garam di dalam masakan atau bahkan menyiapkan makanan tanpa garam sama sekali.lebih baik lagi jika kita memintanya untuk tidak menambahkan penyedap rasa.

Dari penjelasan di atas berkenaan dengan pemakaian garam tersebut.Dapat disimpulkan bahwa garam juga bisa memberikan manfaat yang negative bagi kesehatan manusia.Oleh karena itu,diperllukan akan adanya untuk mengurangi kadar makan dalam setiap makanan yang akan kita makan







Referensi :Koran SINDO 11 – 03 – 10 & Pemikiran

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More