Pages

Kamis, 18 Maret 2010

CARA MENSTIMULASIKAN OTAK BAYI

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk memberikan stimulasi otak terhadap bayi,yaitu :

1. Air susu ibu (ASI) adalah nutrisi terbaik untuk bayi.Berikan ASI hingga setidaknya umur 6 bulan.Selain itu jangan lupa juga melakukan imunisasi terhadap bayi secara rutin.
2. Stimulasi yang paling sederhana tetapi sangat bermanfaat untuk menstimulasikan otak adalah kasih saying dari orang tuadan kehangatannya.Ini bisa dlakukan dengan cara memeluk dan menyentuh bayi.Selain itu bernyanyilah atau berbicaralah dengan bayipada saat memandikannya,memakaikan baju,menyusui,bermai,jalan – jalan dan lain – lain.
3. Berusaha sekuat tenaga untuk memahami kondisi psikologinya.Kenali saat bayi sedih dan bahagia.Saat bayi sedih dan marah berusahalah untuk menyenangkan hatinya.Bayi biasanya tidak senagng bila dikecewakan.
4. Kenalkan objek – objek berwarna dalam berbagai bentuk ,ukuran,jenis,dan tekstur benda yang berbeda – beda.Biarkan dia merasakan dan bermain dengan benda – benda yang ada di sekelilingnya.Tunjukan juga padanya foto – foto keluarga dan buku mainan untuk anak – anak.
5. Meski bayi belum memahaminya,tetapi biasakan untuk membacakan cerita untuknya.Pilih buku cerita bergambar warna – warni.Selain mendengar,bayi juga bisa melihat gambar – gambar tersebut.



Demikianlah telah dijelaskan perihal tentang prilaku bayi guna meningkatkan otak kecerdasan bayi secara stimulasinya.Sehingga bayi tersebut bisa berkembang dengan baik dan cerdas.









Referensi :Koran SINDO 11 – 03 – 10 & Pemikiran

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More