Pages

Minggu, 25 Desember 2011

Memory, Expansion Card, dan Kapasitor




Memory & Expansion Card

Dalam memilih slot memory, ada baiknya cari motherboard dengan jumlah slot terbanyak, baik itu empat slot untuk dual channel atau enam slot untuk triple channel. Motherboard yang memiliki slot memory sedikit, biasanya motherboard dengan form factor microATX. Jadi, pertimbangkan dulu kebutuhan memory Anda. Untuk expansion card yang berupa discrete video card, umumnya motherboard saat ini sudah mendukung PCI-E 2.0. Walaupun ada beberapa motherboard yang masih menggunakan PCI-E 1.1. Yang harus Anda ingat adalah motherboard dengan slot PCI-E 2.0 bisa digunakan untuk video card dengan PCI- E 1.x. Sementara itu, video card PCI-E 2.0 bisa digunakan di motherboard dengan slot PCI-E 1.x. Sementara untuk expansion card non-graphic, seperti TV tuner dan RAID controller, saat ini sudah banyak yang memanfaatkan interface PCI-E. Jadi, perhatikan kebutuhan Anda dan memeriksa dulu jumlah slot PCI-E yang ada di motherboard yang mau dibeli. PCI-E x8 dan x4 cocok untuk card yang membutuhkan banyak bandwidth, contohnya RAID controller atau gigabit ethernet card. Harap diingat juga bahwa slot x16 kedua, bisa dimanfaatkan sebagai x8, x4, atau x1 jika dibutuhkan.

Kapasitor
Di dalam tes hardware PC Mild, Anda pasti sering menemukan kata “solid kapasitor”. Sebenarnya, apa sih kapasitor itu, dan apa pengaruhnya ke kualitas motherboard? Berikut ini adalah penjelasannya. Beberapa tahun lalu, beberapa produsen motherboard menggunakan kapasitor berkualitas rendah dan gampang bocor. Sehingga bisa menyebabkan error atau bahkan merusak motherboard. Sekarang, para produsen motherboard sudah mulai menggunakan kapasitor anti-bocor. Salah satunya adalah kapasitor yang menggunakan sejenis polimer yang dikenal sebagai solid kapasitor. Benda ini bentuknya seperti kaleng aluminium kecil. Jadi, bila motherboard Anda sudah menggunakan solid kapasitor, itu bagus. Selanjutnya, Anda juga harus perhatikan jenis choke yang digunakan di sirkuit regulator voltase. Biasanya berada di sekeliling soket processor. Choke ini menggunakan dua jenis materi, ada yang menggunakan ferrite dan ada yang menggunakan iron (besi). Ferrite choke bentuknya seperti kubus berwarna hitam dengan ukuran 1 x 1 cm. Sementara iron choke bentuknya kotak berwarna abu-abu, dan ada kumparannya. Ferrite choke kualitasnya lebih bagus daripada iron choke. Berikutnya yang juga harus diperhatikan adalah jumlah phase pada regulator voltase. Semakin banyak phase maka semakin bagus, karena semua transistor yang ada di sirkuit akan lebih sedikit bekerja. Bila sedikit bekerja, maka akan menghasilkan lebih sedikit panas. Bila lebih sedikit panas yang dihasilkan, maka akan lebih baik untuk umur motherboard dan suhu di dalam casing lebih dingin. Selain itu, semakin banyak phase juga berarti lebih sedikit mengonsumsi energi. Lalu, tahu darimana jumlah phase yang ada di motherboard? Dengan menghitung jumlah choke yang ada, karena setiap choke terhubung dengan satu phase.

Referensi :

PCMILD 06.10

1 komentar:

2022 ford escape titanium hybrid - iTanium-arts
2022 is thaitanium here! Here, the titanium bicycle company's take on where can i buy titanium trim the smith titanium new tungsten titanium FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FAST-FR-FAST

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More