Pages

Kamis, 29 Desember 2011

ARSITEKTUR E-GOVERNMENT WEBSITE KABUPATEN BOGOR

I.LATAR BELAKANG

KABUPATEN BOGOR

Kabupaten Bogor, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Cibinong. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang (Banten), Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi di utara; Kabupaten Karawang di timur, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi di selatan, serta Kabupaten Lebak (Banten) di barat. Kabupaten Bogor terdiri atas 40 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Cibinong.
Kabupaten Bogor secara garis besar terdiri atas tiga wilayah dan 40 kecamatan. Kecamatan-kecamatan tersebut dibagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten Bogor terletak di Kecamatan Cibinong, yang berada di sebelah utara Kota Bogor.




2 VISI MISI
Visi :
“Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bogor yang Bertaqwa, Berdaya dan Berbudaya Menuju Sejahtera.”

Misi :
1. Meningkatkan Kesolehan Sosial Masyarakat dalam Kehidupan Kemasyarakatan.
2. Meningkatkan Perekonomian Daerah yang Berdaya Saing dengan Titik berat pada Revitalisasi Pertanian dan Pembangunan yang Berbasis Perdesaan.
3. Meningkatkan infrastruktur dan Aksesibilitas Daerah yang Berkualitas dan Terintegrasi secara Berkelanjutan.
4. Meningkatkan Pemerataan dan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan.
5. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Berkualitas.
6. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
7. Meningkatkan Kerjasama Pembangunan Daerah.

Wilayah dan Kecamatan di Kabupaten Bogor

Adapun Daftar Wilayah dan Kecamatan di Kabupaten Bogor adalah:

1. Wilayah Timur:

1.Kecamatan Gunung Putri
2.Kecamatan Cileungsi
3.Kecamatan Klapanunggal
4.Kecamatan Jonggol
5.Kecamatan Sukamakmur
6.Kecamatan Cariu
7.Kecamatan Tanjungsari

2.Wilayah Tengah:

1.Kecamatan Gunung Sindur
2.Kecamatan Parung
3.Kecamatan Ciseeng
4.Kecamatan Kemang
5.Kecamatan Rancabungur
6.Kecamatan Bojonggede
7.Kecamatan Tajur Halang
8.Kecamatan Cibinong
9.Kecamatan Sukaraja
10.Kecamatan Dramaga
11.Kecamatan Cijeruk
12.Kecamatan Cigombong
13.Kecamatan Caringin
14.Kecamatan Ciawi
15.Kecamatan Megamendung
16.Kecamatan Cisarua
17.Kecamatan Citeureup
18.Kecamatan Babakan Madang
19.Kecmatan Ciomas
20.Kecamatan Tamansari

3.Wilayah Barat:

1.Kecamatan Jasinga
2.Kecamatan Parung Panjang
3.Kecamatan Tenjo
4.Kecamatan Cigudeg
5.Kecamatan Sukajaya
6.Kecamatan Nanggung
7.Kecamatan Leuwiliang
8.Kecamatan Leuwisadeng
9.Kecamatan Cibungbulang
10.Kecamatan Ciampea
11.Kecamatan Pamijahan
12.Kecamatan Rumpin
13.Kecamatan Tenjolaya

Wilayah Timur Kabupaten Bogor merupakan kawasan favorit pengembangan wilayah pemukiman Jakarta saat ini. Alasan utama hal tersebut adalah karena telah dibukanya jalur jalan baru dari Cibubur menuju Bandung melewati Gunung Putri dan Cileungsi. Jalur ini belum memiliki nama resmi, sedangkan nama yang secara umum digunakan masyarakat adalah Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi.
Sejak dibukanya Jalan Alternatif tersebut, kompleks pemukiman modern dengan skala besar segera bermunculan sehingga harga tanah di kawasan ini menjadi salah satu yang termahal di Bodetabek. Kemunculan kompleks-kompleks pemukiman ini menyebabkan sangat banyak penduduk Kabupaten Bogor yang memiliki pekerjaan di Jakarta. Salah satu penduduk tersebut adalah Presiden ke enam Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia tinggal di Puri Cikeas, Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri dan bekerja di Istana Merdeka
Bagian utara Kabupaten Bogor merupakan dataran rendah (lembah Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane, sedang bagian selatan berupa pegunungan, dengan puncaknya: Gunung Halimun (1.764 m), Gunung Salak (2.211 m), dan Gunung Gede Pangrango (3.018 m) yang merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat.
2.3 Jalur utama
Kabupaten Bogor dilintasi jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Jalan tol ini adalah jalur wisata utama dari Jakarta menuju Bandung. Jalur ini melewati rute Jalan Tol Jagorawi-Puncak-Cianjur-Bandung. Jalur Ciawi-Puncak merupakan salah satu yang terpadat pada musim libur, karena kawasan tersebut merupakan tempat berlibur warga Jakarta dan sekitarnya.Apabila jalur wisata utama tersebut macet, yang biasanya terjadi pada hari-hari libur, maka dapat menggunakan rute alternatif melewati Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cianjur-Bandung.Untuk angkutan kereta api, terdapat jalur KRL Jakarta-Bogor, dimana jalur kerata api ini berlanjut hingga ke Sukabumi, Cianjur, dan akhirnya di Padalarang, jalur ini bersatu dengan jalur KA dari Cikampek yang kemudian akan menuju Bandung.

Objek wisata

1.Puncak
2.Taman Safari
3.Kebun Raya Cibodas
4.Gunung Salak Endah (Gn. Bunder)
5.Gunung Gede Pangrango
6.Gunung Salak
7.Sirkuit Sentul
8.Taman Wisata Mekarsari
9.Hutan Pinus Catang Malang

Taman Wisata Mekarsari berlokasi di Jonggol, Cileungsi dan merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Selain kegiatan pelestarian, dilakukan juga penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

II.Arsitektur Website Kabupaten Bogor

Kabupaten bogor memiliki website yang dapat diakses oleh masyarakat melalui media internet dengan alamat URL www.bogorkab.go.id Sehingga masyarakat dapat mengetahui informasinya tentang perkembangan kabupaten bogor dengan rincian sebagai berikut yaitu :



User Interface Website Kabupaten Bogor
Tampilan Menu Home



Pada tampilan ini menerangkan macam – macam informasi yang ada di kabupaten bogor mulai dri informasi olahraga,kesehatan dan informasi lainya yang ada disekitar kota bogor. Terdapat juga arsip berita yang berada pada sebelah kanan website kabupaten bogor ini.
Tampilan Menu Visi/Misi


Pada menu ini , terdapat gambar dari kantor pemerintah daerah kabupaten bogor beserta penjabaran visi dan misi.

Tampilan Menu Pemimpin Daerah

Bupati



Pada Menu pimpinan daerah terdapat submenu bupati. Isinya terdiri dari foto sang bupati dan biodata lengkapnya. Selain submenu bupati terdapat juga submenu wakil bupatidan sekretaris daerah. Isinya tidak kurang sama dengan submenu bupati.

Menu mempunyai pilihan sub menu yang banyak seperti :
Sambutan Bupati
Sejarah Kabupaten Bogor
Lambang Kabupaten Bogor
Letak Geografis
Kecamatan
Kependudukan
AspekRegional
Aspek Fisik Wilayah
DLL

III. CLIENT – SERVER WEB KABUPATEN BOGOR
Arsitektur jaringan Client Server merupakan model konektivitas pada jaringan yang membedakan fungsi computer sebagai Client dan Server. Arsitektur ini menempatkan sebuah komputer sebagai Server. Nah Server ini yang bertugas memberikan pelayanan kepada terminal-terminal lainnya tang terhubung dalam system jaringan atau yang kita sebut Clientnya. Server juga dapat bertugas untuk memberikan layanan berbagi pakai berkas (file server), printer (printer server), jalur komunikasi (server komunikasi).
Pada model arsitektur ini, Client tidak dapat berfungsi sebagai Server, tetapi Server dapat berfungsi menjadi Client (server non-dedicated). Prinsip kerja pada arsitektur ini sangat sederhana, dimana Server akan menunggu permintaan dari Client, memproses dan memberikan hasil kepada Client, sedangkan Client akan mengirimkan permintaan ke Server, menunggu proses dan melihat visualisasi hasil prosesnya.
Sistem Client Server ini tidak hanya diperuntukkan bagi pembangunan jaringan komputer skala luas. Sistem ini menggunakan protokol utama Transmision Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP), sedangkam sistem operasi yang digunakan antara lain Unix, Linux dan Windows NT.

Lingkungan Database Client/Server di Internet

•Menggunakan LAN untuk mendukung jaringan PC
•Masing-masing PC memiliki penyimpan tersendiri
•Berbagi hardware atau software



Komponen dasar Client Server
Pada website kabupaten bogor ini terdiri dari 3 komponen pembentuk dasar, yaitu Client, Middleware, dan Server. Gubungan dari ketiganya dapat digambarkan sebagai berikut:



Arsitektur File Server pada website kabupaten bogor :
•Semua pemrosesan dilakukan pada sisi workstation
•Satu atau beberapa server terhubungkan dalam jaringan
•Server bertindak sebagai file server
•File server bertindak sebagai pengelola file dan memungkinkan klien mengakses file tersebut
•Setiap klien dilengkapi DBMS tersendiri
•DBMS berinteraksi dengan data yang tersimpan dalam bentuk file pada server
•Aktivitas pada klien:
•Meminta data
•Meminta penguncian data
•Memberikan data
•Mengunci data dan memberikan statusnya
Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, website kabupaten bogor ini mempunyai beberapa cirri-ciri sebagai sebuah sistem yang client server, contohnya seperti :

1. Servis (layanan)
Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya.
Server sebagai provider, client sebagai konsumen
Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda
2.Sharing resources (sumber daya)
Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.
3.Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris )
Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.

4.Pesan berbasiskan komunikasi

Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan
permintaan dan jawaban.

KESIMPULAN

Bagi penduduk kabupaten bogor sangatlah penting mengetahui informasi mengenai daerah yang ditinggalinya, melalui media website ini. Dengan membuka situs http://bogorkab.go.id/ semua informasi mengenai kabupaten bogor maupun seputar pemerintahannya bisa terlihat dengan jelas. Informasi yang berada pada website bisa membuat pengetahuan pembaca bertambah.
Dari segi user interface , website ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan website ini bisa terus dipertahankan dan dikembangkan , sedangkan kekurangannya bisa diperbaiki dan di evaluasi secara bertahap demi kemajaun website ini ke depannya. Berikut penjabarannya :
 Kelebihan Website Kabupaten bogor
- Mempunyai tampilan yang user friendly , sehingga orang awam pengguna website ini dapat menggunakannya dengan mudah.
- Pada menu profile terdapat file-file informasi seputar kabupaten bogor yang berbentuk pdf , dan bisa di unduh sebagai dokumen kita warga kabupaten bogor.
- Terdapat gallery yang berisi dokumentasi visual yang dikemas berbentuk slide show, sehingga membuat minat user untuk melihatnya.
- Adanya majalah online yang bisa dibaca oleh user pada menu inovasi online
 Kekurangan Website Kabupaten Bogor
- Beberapa link di menu home ada yang belum aktif seperti link buku tamu, email, forum dan mailing list.
- Kurangnya informasi seputar tempat wisata dan kesenian pada website ini.
- Kurang interaktifnya tampilan user interface , sehinggga terlihat monoton.
Pemamfaatan komunikasi client/server dalam e-government, akan terus berkembang. Dengan demikian pemilihan aplikasi server dan sistem operasi menjadi perhatian utama. Dengan adanya permintaan yang bersamaan (concurrentrequest) dari client. Aplikasi web server harus mampu menanganinya dengan benar – sejalan dengan kemampuan sistem operasi mengatur penggunaan daya (resources) komputer terhadap aplikasi web server itu. Dengan demikian proses terhadap permintaan yang ditujukan ke server menghasilkan permintaan yang benar di sisi client.


Referensi :

http://www.blogger.com/img/blank.gifwww.bogorkab.go.id

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More