Pages

Minggu, 25 Desember 2011

11 kegunaan untuk PC lama



Setelah sekian lama menabung, akhirnya Anda membeli sebuah PC baru. PC tersebut processor-nya lebih kencang, harddisk-nya lebih besar, video card-nya lebih cepat, dan lebih semuanya. Sekarang, komputer lama Anda nganggur. Apakah komputer lama itu akan dibiarkan begitu saja? Kasihan kan setelah selama ini menemani Anda dengan setia, lalu dibuang begitu saja setelah ketemu yang baru. Anda dapat melakukan banyak hal dengan PC lama. Mari kita melihat beberapa cara untuk memanfaatkan kembali PC lama Anda

1 Dijadikan NAS atau Home Server

Jika Anda memiliki jaringan di rumah dan memiliki beberapa komputer, PC lama itu bisa digunakan kembali sebagai NAS (Network-Attached Storage) atau bahkan sebagai server. Anda dapat mengubah PC lama menjadi NAS dengan menggunakan FreeNAS. FreeNAS adalah open source software yang dirancang untuk mengubah PC menjadi perangkat NAS. Aplikasi ini didasarkan pada FreeBSD, yang merupakan varian dari UNIX. FreeNAS bisa di-download gratis dari http://freenas.org/downloads .
Anda juga bisa menggunakan Windows Server, tapi itu akan membutuhkan biaya tambahan karena harus membeli ,lisensinya. Selain itu, Windows Server membutuhkan hardware , yang cukup baru. Tidak efektif jika PC lama Anda masih berada di zamannya Pentium MMX.


2 Sumbangkan ke Lembaga Pendidikan

Jika PC anda tidak terlalu kuno, pertimbangkan untuk menyumbang ke lembaga pendidikan yang benar-benar membutuhkan,Contohnya panti asuhan atau tempat pendidikan untuk anak jalanan. Jika Anda menyumbangkannya ke tempat seperti itu, pertimbangkan untuk menginstal OS-nya (jangan dibiarkan kosong), dan menginstal beberapa aplikasi untuk pendidikan sebelum diserahkan
3 Jadikan Sebagai Objek Eksperimen

Sewaktu PC lama itu masih digunakan untuk kegiatan sehari- hari, Anda tentu masih memiliki perasaan ragu untuk mengutak-atiknya sebagai percobaan. Tapi, karena sekarang setelah ada PC baru, dapat melakukan berbagai percobaan sesuka Anda pada PC lama. Percobaan apa saja yang bisa dilakukan? Banyak sekali. Salah satu contohnya adalah mencoba menginstal Linux berbarengan dengan Windows di dalam satu harddisk atau dual boot. Atau mungkin Anda ingin bereksperimen mengutak-atik OS yang bila dilakukan bisa cukup membahayakan sistem. Lakukan saja. Karena bila OS itu rusak, toh bisa diinstal ulang lagi tanpa membahayakan data-data penting Anda.Atau Anda ingin mempelajari cara instal OS lain selain Windows dan Linux. Karena masih banyak sekali OS di luar Windows dan Linux. Ada FreeBSD, OpenSolaris, AIX, dan lain-lain.

4 Berikan ke Keluarga

Tidak semua orang beruntung, mungkin saja ada keluarga atau kerabat Anda yang komputernya masih jadul sekali atau bahkan tidak punya sama sekali. Anda bisa memberikannya ke mereka keseluruhan satu unit atau hanya beberapa komponennya saja. Misalnya, Anda seorang gamer dan hobi gonta-ganti video card, maka video card lama itu bisa dihibahkan. Tapi saat menghibahkan sebuah PC ke keluarga atau kerabat ada konsekuensinya. Mau tidak mau Anda akan menjadi technical support yang bersedia ditelepon kapanpun. Apalagi bila si kerabat itu sama sekali tidak mengerti komputer, dan sebentar- sebentar menelepon Anda saat ada masalah dengan PC itu.

5 Dedikasikan untuk Komputasi Terdistribusi

Ingin melakukan sedikit sumbangsih untuk kemanusiaan? Bagaimana bila mendedikasikan PC lama Anda ke salah satu proyek komputasi terdistribusi (distributed computing)? Distributed computing adalah salah satu cabang ilmu komputer yang mempelajari sistem terdistribusi (distributed system).Sistem terdistribusi terdiri dari beberapa komputer yang berkomunikasi lewat jaringan dan berinteraksi satu sama lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Distributed computing juga menunjuk kepada sistem terdistribusi yang dipakai untuk menyelesaikan masalah komputasi. Jadi, sebuah masalah dibagi ke dalam beberapa penugasan dimana setiap penugasan itu dikerjakan oleh satu komputer. Distributed computing yang paling terkenal adalah Folding @ Home. Folding @ Home menggunakan sumber daya komputasi dari seluruh dunia untuk membantu studi tentang protein. Suatu elemen penting untuk memahami bagaimanacara penyakit beroperasi.

6 Gunakan Sebagai Dedicated Game Server

Apakah Anda memiliki game multiplayer favorit? Jika ya, periksa apakah game itu bisa di-host pada komputer lokal (di dalam LAN). Kebanyakan game multiplayer yang mampu dimainkan secara online, biasanya juga mendukung dedicated server. Beberapa game tersebut contohnya adalah Civilization 4, Team Fortress, Counter Strike, Half-Life, Battlefield, dan lain-lain.

7 Gunakan untuk Bermain Game Jadul


Ingin bernostalgia dengan game-game lama? Anda bisa menginstal Windows 98 atau Windows 95, sehingga dapat menjalankan game berbasis DOS. Beberapa game berbasis DOS yang dulu pernah populer, antara lain Doom II, Duke Nukem 3D, The Secret of Monkey Island, Civilization, Command & Conquer, The Settlers II dan Ultima VIII.

8 Dijadikan Server Komputasi Sekunder

Masih ingat dengan bahasan distributed computing yang tadi sudah dibahas? Jika Anda seorang pembuat konten yang menggunakan aplikasi-aplikasi, seperti 3DSmax, Adobe After Effects atau Sony Vegas, maka PC lama Anda bisa dimanfaatkan untuk membantu tugas-tugas rendering terdistribusi yang dapat mempercepat proses penyelesaian. Prosesnya sama seperti distributed computing, hanya dalam skala yang jauh lebih kecil.Cara kerja distribusi rendering sedikit berbeda di tiap aplikasi itu berbeda. Tapi secara umum, Anda akan diminta untuk menginstal aplikasi ringan pada sistem rendering sekunder,yang akan mengambil data dan perintah dari sistem primer, dan kemudian memberikan hasilnya bila sudah selesai.


9 Jadikan Sebagai Komputer Publik

Di bandara Anda pasti pernah melihat ada komputer yang bias diakses dan digunakan oleh siapapun yang menjadi pengunjung bandara itu. Nah, kenapa tidak menaruh PC lama itu di ruang tamu atau di ruang keluarga sehingga bisa digunakan oleh semua anggota keluarga Anda. Mungkin bisa digunakan untuk cek e-mail, browsing, atau kegiatan lain yang ringan-ringan. Tapi harus diingat, karena PC itu digunakan ramai-ramai, maka fitur keamanannya juga harus diperketat. Karena bisa saja ada salah satu anggota keluarga yang mencolokkan flash disk berisi virus atau membuka-buka website yang mengandung malware.


10 Jadikan Kanibal

Membeli sebuah PC baru bukan berarti semuanya harus baru. Masih banyak komponen-komponen yang bisa digunakan kembali dari PC lama. Untuk processor, motherboard, video card, dan RAM mungkin sudah tidak bisa digunakan kembali. Tapi untuk drive optik, kipas, atau bahkan casing masih bisa digunakan kembali untuk PC yang baru.Nah, bila beberapa komponen sudah dikanibal untuk PC yang baru, bagaimana nasib dari komponen-komponen yang masih tersisa itu? Lihat bahasan berikutnya.

11 Jual!

Bila semua opsi di atas tidak ada yang memuaskan, Anda bisa menjualnya ke orang lain. Penjualannya bisa dilakukan secara langsung atau diiklankan melalui forum jual beli di Internet. Bila diiklankan melalui Internet, pastikan di iklan yang Anda buat itu menyertakan gambar produk sebenarnya dengan ukuran dan kualitas gambar yang layak. Dan jangan lupa untuk menyertakan nomor kontak Anda agar bisa dihubungi oleh si calon pembeli. Yang harus diperhatikan saat berjual beli melalui Internet adalah waspada. Jangan pernah memberikan barang Anda sebelum uang diterima. Sebagai penjual, Anda juga harus jujur dengan menginformasikan kondisi barang, apakah ada yang rusak atau tidak.

Referensi :

PCMILD 23.10

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More