Pages

Minggu, 12 Desember 2010

MERAWAT PASIEN DIRUMAH

Angka kejadian stroke dunia diperkirakan 200 per 100.000 penduduk dalam setahun.Saat pasien stroke harus dirawat dirumah,maka beberapa tindakan yang dapat dilakkukan antara lain :

1. Peran serta keluarga yang merawat dan mendampingi pasien sangat diperlukan dalam program terapi dirumah.wujud cinta kasih dalam keluarga dapat memberikan motivasi dengan pendekatan kooperatif dalam menjaga kestabilan emosional psikologinya.
2. Kesiapan mental seluruh anggota keluarga pasien stroke perlu diperhatikan oleh staff medis dan paramedic.Artinya,ketika pasien masih dirawat dirumah sakit,maka pihak dokter dan perlu mengenalkan persiapan mental kepada keluarga pasien sejak dini.
3. Lakukan kegiatan agar pasien merasa ada variasi dalam hidup,seperti melakukan aktifitas social,misalnya pertemuan keluarga,olah raga ringan atau senam stroke.Dengan kegiatan sepetri ini,maka pemulihan pasien pun cepat terlaksana.
4. Ingatkan pasien untuk menghindari posisi tidur terlentang,Sebab,posisi tidur telentang akan membuat otot – otot postur tidak bekerja dan berdampak semakin cepatnya terjadi penurunan kekuatan otot.Cobalah dengan posisi duduk atau minimal posisi tidur miring.Berikan posisi tidur miring dengan cara (kelemahan terdapat pada sisi kiri).jika pada posisi tidur miring kekanan,maka berikan topangan pada lengan kiri dan tungkai kiri dengan menggunakan bantal.Usahakan posisi kepala sejajar dengan tulang belakang.Jika posisi miring kekiri,maka posisikan lengan kiri pasien dalam keadaan lurus dan geser tulang belikat agak kedepan.posisi kaki kiri lurus dan kaki kanan di tekuk dengan sanggahan bantal.Berikan perubahan posisi setiap 1 jam
5. Perlu diingatkan bahwa keberhasilan latihan bagi pasien storke dengan metode apapun dapat dicapai jika pasien aktif dan bukan pasif melakukan gerakan dan fisioterapis memfasilitasi agar pola gerak sesuai dengan “normal pattern”.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More