Pages

Jumat, 17 Desember 2010

Mempererat hubungan keluarga




1) Beraktifitas Bersama
usahakan untuk meluangkan waktu setiap harinya minimal 15 menit bersama keluarga,misalnya dengan melakukan sarapan bersama ataupun melakukan ibadah secara bersama – sama.
2) Tetapkan Aturan
Buat peraturan ketika keluarga sedang bersama,telepon maupun computer harus dimatikan dan komunikasi dilakukan secara langsung.
3) Kontak Mata
Ketika sedang mendengarkan berikan tatapan penuh kasih saying dan perhatian penuh.Ketika kita melakukan ini anak akan merasa diperhatikan dan didengarkan.
4) Bercerita
Mulailah dengan menceritakan perasaan kita akan apa yang terjadi dihari itu.Ceritakan baik itu pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dan hal hal yang bisa diambil pelajan untuk keluarga sehingga kedepannya akan lebih baik.
5) Simak dan ulangi
Ketika anak kita bercerita dengarkan dengan penuh perhatian dan ulangi kembali pernyataan anak kita sebagai bukti bahwa kita telah mendengarkan dengan baik dan memahami perasaannya.
6) Mengontrol emosi
Hindari emosi negative seperti marah,kesal dan kecewa ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan kita misalnya nilanya yang belum bagus dan sempurna.

Referensi :
Koran SINDO,13 desember 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More