Pages

Sabtu, 12 Desember 2009

Memahami Mesin Kendaraan Masa Kini

Sudah jamak kita lakukan sebelum mengendarai kendaraan,langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menghidupkan mesin.Saat ini dengan perkembangan tekhnologi,cara menghidupkan mesin pada keadaan dingin makin gampang.Tidak perlu lagi dicuk karena mekanisme yang namanya “cuk” tidak ada lagi.Cuk hanya didapati pada mesin atau mobil produksi lama.Tidak perlu juga kaki di pedal gas ketika akan menghidupkan mesin.
Duduklah dibelakang setir.putarlah kunci kontak ke posisi “start” (bila menggunakan tombol,tekan tombol). Mesin yang normal akan menyala.kalau dihidupkan dari kondisi dingin di pagi hari putaran mesin di atas 1.000rpm.Untuk mesin kecil,misalnya 1.300 cc,antara 1.100 dan 1.200 rpm.Setelah itu,beberapa puluh detik kemudian,turun dengan sendirinya ke kondisi stasioner normal (langsam),dibawah 1.00 rpm.Waktu pemanasan mesin memang masih ada,tetapi makin singkat.Paling lama satu menit.Setelah itu,kendaraan bisa digeber.Kalaupun putaran belum kembali ke posisi stasioner,mobil sudah dijalankan.
Disemprot.itulah kehebatan mesin masa kini.kebutuhan bahan bakar tidak lagi disemprot.Waktu pemanasan dan putaran mesin diatur oleh computer yang mendapatkan informasi dari berbagai prosesor.Komputer mengatur kerja mesin.Kalau suhu mesin tidak terlalu dingin,tidak perlu pemanasan lama – lama.Dengan cara ini,selain membuat konsumsi bahan baker pada mesin makin irit,juga mengurangi pencemaran lingkungan.Pada tekhnologi injeksi atau semprotan bahan baker terkini,bensin langsung disemprotkan ke ruang baker.Waktu pemanasannya pun makin cepat.
Faktor oli.Oli juga menentukan lamanya mesin dipanaskan.Begitu juga ketika distart.Oli berkualitas bagus dan viskositasnya rendah,misalnya sudah masuk kategori “energy conserving”’membuat mesin lebih gampang dihidupkan.Pasalnya,hambatan yang ditimbulkan oli lebih rendah.Namun,kalau olinya kental atau viskositasnya tinggi,tentu saja dibutuhkan tenaga lebih besar untuk melawannya.Hal ini juga mempengaruhi lamanya mesin dipanaskan.Jadi ,diwaktu pagi hari,jangan membiarkan mesin stasioner dalam waktu lama.Juga jangan menekan pedal gas agar putaran lebih tinggi dan mesin lebih cepat.Itu berarti membuang uang percuma dan ikut memperburuk lingkungan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More