Pages

Rabu, 23 November 2011

Mengenal Protokol Jaringan Komputer (Model Referensi OSI)

Model Referensi OSI
Pada bentuk yang paling dasar, model referensi OSI membagi arsitektur jaringan menjadi 7 lapisan (layer). Yang dimaksud dengan lapisan adalah layanan dengan fungsi tertentu. Setiap lapisan dipisahkan berdasarkan fungsinya, namun jumlah lapisan dibuat sesedikit mungkin untuk menghindari arsitektur yang luas dan rumit. Urutan dari atas ke bawah untuk lapisan ini adalah lapisan Application, lapisan Presentation, lapisan Session, lapisan Transport, lapisan Network, lapisan Data Link, dan lapisan Physical Layer. Lapisan yang paling atas berhubungan erat dengan software/ program di komputer, sedangkan lapisan yang paling dasar berhubungan dengan perangkat keras jaringan. Dalam sebuah lapisan, komunikasi hanya dapat terjadi hanya terhadap lapisan di atas atau di bawahnya. Sebagai contoh, lapisan ke-6 hanya dapat menerima (atau meneruskan) data dari lapisan ke-7 atau ke-5. Contoh yang konkret dalam pengiriman data adalah ketika kita mengirimkan e-mail dari komputer. Begitu e-mail dikirim (button send diklik), maka e-mail client (software pengirim e-mail) akan meneruskan data tersebut pada lapisan teratas (untuk model referensi ISO, adalah lapisan Application). Data (e-mail) tersebut diolah pada lapisan teratas untuk kemudian diteruskan ke lapisan di bawahnya hingga lapisan paling bawah (Physical), dan siap dikirimkan ke jaringan. Komputer penerima akan menerima paket data tersebut, diawali dari lapisan yang paling bawah (Physical), untuk kemudian diolah, dan diteruskan hingga lapisan yang paling atas (Application) sehingga e-mail dapat terkirim dan terbaca di komputer lain Ke-7 layer pada model referensi OSI ini dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:

Application: merupakan lapisan high-level yang melakukan pengelolaan data yang didapat langsung dari komputer. Yang termasuk pada kategori ini adalah 3 lapisan teratas, yaitu application, presentation, dan session.
Transport: lapisan ini merupakan lapisan perantara yang menerjemahkan data ke dalam format yang dapat dimengertinoleh program. Ketika komputer menjadi pengirim data, maka lapisan transport akan memecah data menjadi beberapa paket untuk kemudian diteruskan pada layer di bawahnya. Sedangkan jika komputer menjadi penerima data, maka lapisan transport akan menerjemahkan paket data yang diterimanya menjadi paket yang lebih utuh untuk diteruskan pada lapisan di atasnya.
Network: merupakan lapisan low-level yang berhubungan dengan pengiriman dan penerimaan data pada jaringan.

Berikut adalah penjelasan fungsi untuk masing-masing lapisan:

1 Lapisan application. Lapisan paling atas ini merupakan antarmuka lapisan protokol dengan program/software. Dalam kasus pengiriman e-mail, ketika e-mail dikirimkan, kontak pertama antara program pengirim email (email client seperti Microsoft Outlook) akan terjadi pada lapisan Application. Untuk e-mail, protokol pada lapisan application ini adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Beberapa protokol lain yang umum antara lain FTP (File Transfer Protocol), DNS, dan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Ilustrasi untuk lapisan application ini dapat dilihat

2 Lapisan presentation atau apisan translation karena mengonversikan Disebut jugaditerima dari lapisan 6Lapisannetwork, dan dikonversikan menjadi didapat dari data yang lapisan frame-frame application menjadi format umum yang digunakan untuk protokol. Misalnya, jika data yang diterima berformat non ASCII, maka layer ini bertugas untuk menerjemahkan data menjadi format ASCII. Pada layer ini juga terjadi proses kompresi dan enkripsi data. Data perlu dikompresi agar menjadi lebih kecil sehingga dapat mempercepat proses pengiriman data. Contoh protokol yang cukup populer pada lapisan presentation ini adalah SSL (Secure Socket Layer), yang umumnya bekerja di bawah protokol HTTP atau HTTPS.

3 Lapisan session. Lapisan ini yang membuka koneksi antara duakomunikasi yang berkomunikasi,memutuskan-nya komponen menjaga koneksi selama berlangsung, dan ketika selesai. Secara umum, fungsi pada lapisan ini ada 3,yaitu pengendalian dialog (memantau giliran pengiriman), pengelolaan token (mencegah dua pihak untuk melakukan operasi yang sangat kritis dan penting secara bersamaan), dan sinkronisasi (menandai bagian data yang belum terkirim sesaat
crash pengiriman terjadi, sehingga pengiriman bisa dilanjutkan tepat ke bagian tersebut).

4 Lapisan transport.
bertugas untuk mendapatkan data dari lapisan Lapisan transport atasnya (session), dan membaginya menjadi beberapa paket data, untuk kemudian diteruskan ke layer di bawahnya. Pada posisi sebagai penerima data, maka lapisan transport bertugas untuk menyatukan kembali paket-paket data yang diterima dari lapisan di bawahnya. Pada lapisan ini juga keutuhan data diuji,apakah data yang terkirim (atau diterima) telah lengkap


5 Lapisan network Lapisan
untuk melakukan pengalamatan ini bertanggung jawabmelalui logis (host addressing), dan melakukan pemetaan (routing) terhadap paket-paket jaringan. Selain itu, pada lapisan ini juga ditentukan prosedur pengiriman data sekuensial dengan berbagai macam ukuran, dari sumber ke tujuan, melalui satu atau beberapa jaringan, dengan tetap mempertahankan Quality of Service (QoS) yang diminta oleh transport layer. IP (Internet Protocol) merupakan contoh penerapan dari lapisan network.

6 Lapisan data link.Pada layer ini data paket didapat dari lapisan network dan dokonversikan mejdai frame frame

7 Lapisan physical Lapisan ini media mengubahnya menjadi sinyal yang kompatibel dengan transmisi. Jika kabel metalik yang digunakan, maka data diubah menjadi sinyalelektris. Jika kabel fiber optik yang digunakan, maka data diubah menjadi sinyal lumonius. Jika jaringan wireless yang digunakan, maka data diubah menjadi sinyal elektromagnetik, dan seterusnya. Jika lapisan physical berfungsi sebagai penerima, maka sinyal yang diterimanya akan dikembalikan menjadi data (bit) yang sesuai. Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub, repeater, network adapter/network interface card, dan host bus adapter (digunakan di storage area network). Ilustrasi untuk lapisan physical ini adalah seperti pada gambar berikut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More