Pages

Rabu, 16 November 2011

manajemen kontrol keamanan pada sistem



Pengontrolan merupakan pemastian bahwa CBIS telah diimplementasikan seperti yang direncanakan, system beroperasi seperti yang dikehendaki, dan operasi tetap dalam keadaan aman dari penyalahgunaan atau gangguan.

TUJUAN PENGONTROLAN

adalah untuk memastikan bahwa CBIS telah diimplementasikan seperti yang direncanakan, system beroperasi seperti yang dikehendaki, dan operasi tetap dalam keadaan aman dari penyalahgunaan atau gangguan.

Properti Sistem Yang Memberikan Keamanan
Sebuah system harus mempunyai tiga property (sifat), yaitu :

1. integritas, system akan mempunyai integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya. Perancang system berusaha untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau lebih dari komponennya tidak berjalan.
2. Audibilitas, ia akan bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
3. Daya kontrol, daya kontrol memungkinan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan pengaruh terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara terpisah.

TUGAS KONTROL CBIS

Kontrol CBIS mencakup semua fase siklus hidup. Selama siklus hidup, kontrol dapat dibagi menjadi kontrol-kontrol yang berhubungan dengan pengembangan, disain dan operasi.

Manajer dapat memperoleh kontrol dalam ketiga area secara langsung melalui ahli lain, seperti auditor.

AREA PENGONTROLAN CBIS

* Kontrol Proses Pengembangan

Tujuan dari kontrol pengembangan adalah untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.

Yang termasuk dalam kontrol pengembangan :

1 Manajemen puncak menetapkan kontrol proyek secara keseluruhan selama fase perencanaan dengan cara membentuk komite MIS
2 Manajemen memberitahu pemakai mengenai orientasi CBIS
3 Manajemen menentukan kriteria penampilan yang digunakan dalam mengevaluasi operasi CBIS.
4 Manajemen dan bagian pelayanan informasi menyusun disain dan standar CBIS
5 Manajemen dan pelayanan informasi secara bersama-sama mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima,
6 Manajemen melakukan peninjauan sebelum instalasi yang dilakukan tepat setelah penggantian dan secara berkala meninjau CBIS untuk memastikan apakah ia memenuhi kriteria penampilan.
Bagian pelayanan informasi menetapkan prosedur untuk memelihara dan memodifikasi CBIS dan prosedur yang disetujui oleh manajemen.

KONTROL DESAIN SISTEM

Selama fase disain dan analisis dari siklus hidup system, Analis System, DBA dan Manajer Jaringan membangun fasilitas kontrol tertentu dalam disain system. Selama fase implementasi, programmer menggabungkan kontrol tersebut ke dalam system. Disain system dikontrol dengan cara menggabungkan kontrol software menjadi lima bagian pokok, yaitu :

– Permulaan Transaksi (Transaction Origination)

Tahap-tahap yang harus dilakukan pada permulaan transaksi terdiri atas ;

* Permulaan dokumen sumber
* Kewenangan
* Pembuatan input computer
* Penanganan kesalahan
* Penyimpanan dokumen sumber

- Entri Transaksi (Transaction Entry)

Entri transaksi mengubah data dokumen sumber menjadi bentuk yang dapat dibaca oleh komputer. Kontrol ini berusaha untuk menjaga keakuratan data yang akan ditransmisikan ke jaringan komunikasi atau yang akan dimasukkan secara langsung ke dalam komputer. Area kontrolnya meliputi atas :

* Entri data
* Verifikasi data
* Penanganan kesalahan
* Penyeimbangan batch

- Komunikasi Data (Data Communication)

Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang risiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada di dalam suatu ruangan. Area kontrol ini terdiri dari :

* Kontrol pengiriman pesan
* Kontrol saluran (channel) komunikasi
* Kontrol penerimaan pesan
* Rencana pengamanan datacom secara menyeluruh

- Pemrosesan Komputer (Computer Processing)

Pada umumnya semua elemen kontrol pada disain system selalu dikaitkan dengan pemasukan data ke dalam komputer. Area kontrol pada pemrosesan komputer terdiri dari :

* Penanganan data
* Penanganan kesalahan
* Database dan perpustakaan software

Sebagian besar kontrol database dapat diperoleh melalui penggunaan Sistem Manajemen Database (Database Management System/DBMS)

Tingkat keamanan dalam DBMS terdiri dari

* Kata kunci (Password)
* Direktori pemakai (User Directory)
* Direktori elemen data (Field Directory)
* Enkripsi (Encryption)

- Output Komputer (Computer Output)

Komponen subsistem ini bertanggung jawab untuk mengirimkan produk (output) kepada pemakai (user). Yang termasuk dalam area ini adalah :

* Penyeimbangan operasi komputer
Distribusi
Penyeimbangan departemen pemakai
Penanganan kesalahan
Penyimpanan record

KONTROL TERHADAP PENGOPERASIAN SISTEM

Kontrol pengoperasian system didasarkan pada struktur organisasional dari departemen operasi, aktivitas dari unit yang ada dalam departemen tersebut.

Kontrol yang memberikan kontribusi terhadap tujuan ini dapat diklasifikasikan menjadi lima area :

1. Struktur organisasional
2. Kontrol perpustakaan
3. Pemeliharaan peralatan
4. Kontrol lingkungan dan kemanan fasilitas
5. Perencanaan disaster, meliputi area :

- Rencana keadaan darurat (emergency plan)

- Rencana back-up (backup plan)

- Rencana record penting (vital record plan)

- Rencana recovery (recovery plan)

METODE MENDAPATKAN DAN MEMELIHARA KONTROL

Manajemen dapat melakukan kontrol dengan tiga cara, yaitu :

- Manajemen dapat melakukan kontrol langsung, yaitu mengevaluasi kemajuan dan penampilan, dan menentukan tindakan koreksi apa yang harus dilakukan

- Manajemen mengontrol CBIS secara tidak langsung dengan terus menerus melalui CIO.

- Manajemen mengontrol CBIS secara tidak langsung berkenan dengan proyeknya melalui pihak ketiga.

KEAMANAN SISTEM

Definisi Keamanan

Adalah proteksi perlindungan atas sumber-sumber fisik dan konseptual dari bahaya alam dan manusia. Kemanan terhadap sumber konseptual meliputi data dan informasi

Tujuan-tujuan Keamanan ; dimaksudkan untuk mencapai 3 tujuan utama , yaitu :

1. Kerahasiaan, perusahaan berusaha melindungi data dan informasi dari orang-orang yang tidak berhak.

2. Ketersediaan, tujuan CBIS adalah menyediakan data dan informasi bagi mereka yang berwenang untuk menggunakannya.

3. Integritas, semua subsistem CBIS harus menyediakan gambaran akurat dari sistem fisik yang diwakilinya.

Pengendalian Akses ; dicapai melalui suatu proses 3 langkah, yang mencakup :

1. Indentifikasi User.

2. Pembuktian Keaslian User.

3. Otorisasi User.

STRATEGI PENGULANGAN BIAYA MANAJEMEN INFORMASI

Strategi yang paling banyak dimanfaatkan adalah :

1. Strategi Konsolidasi, dapat diikuti dengan mengurangi jumlah lokasi sumber daya informasi yang terpisah. Alasannya adalah sejumlah kecil pemusatan sumber daya yang besar dapat beroperasi lebih efisien dari pada banyak pemusatan sumber daya yang kecil.

2. Downsizing, adalah transfer berbagai aplikasi berbasis komputer perusahaan dari konfigurasi peralatan besar, seperti mainframe ke platform yang lebih kecil seperti komputer mini. Dalam beberapa kasus, platform yang lebih kecil tetap berada dalam IS, dan dalam kasus lain ditempatkan di area pemakai. Pemindahan ke sistem yang kurang mahal tetapi penuh daya ini disebut Smartsizing. Keuntungan downsizing : sistem yang user friendly.

3. Outsourcing, ukuran pemotongan biaya yang dapat berdampak lebih besar bagi IS dari pada downsizing adalah outsourcing. Outsourcing adalah mengkontrakkan keluar semua atau sebagian operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan.

Jasa-jasa yang ditawarkan Outsourcers mencakup :
http://www.blogger.com/img/blank.gif
* Entry data dan pengolahan sederhana.
* Kontrak pemrograman.
* Manajemen fasilitas, operasi lengkap dari suatu pusat komputer.
* Integrasi sistem, adalah kinerja semua tugas-tugas siklus hidup pengembangan sistem.
* Dukungan operasi untuk pemeliharaan, pelayanan atau pemulihan dari bencana.

REFERENSI :
SUMBER 1 http://saprida.blogspot.com
SUMBER 2 http://sukamikir.wordpress.com

Selasa, 08 November 2011

7 Mesin Raksasa Yang Pernah Dibuat Oleh Manusia

1. Liebherr T 282B : Truk Tambang Terbesar Di Dunia


Mesin raksasa Liebherr T 282B adalah dumptruck terbesar yang dirancang tahun 2004 oleh produsen Jerman. Truk seberat 203 Ton ini dapat mengangkut sekitar 365 ton, dan menghasilkan tenaga sekitar 3650 Tenaga Kuda.

2. Bagger 288 : Mesin Pengeruk Terbesar Di Dunia


Mesin ini adalah mesin penggali terbesar di dunia. Excavator Berroda bernama Bagger 288 dibangun oleh perusahaan Krupp Jerman. Mesin seberat 13.500 Ton ini terdiri dari 2 bagian, yaitu “bucket-wheeler excavator” sebagai alat penggalinya dan Crawler-Transporter sebagai kendaraan penopang yang memungkinkan alat tersebut bergerak.

3. Crawler-Transporter : Kendaraan Pengangkut Terbesar Kedua Di Dunia


Crawler-Transporter digunakan untuk mengangkut roket Saturn V, Saturn IB, Apollo Soyuz san sekarang Pesawat Luar Angkasa Lainnya. Alat Ini dirancang oleh Bucyrus International dan diangun oleh Marion Power shovel Co. Dengan biaya USD 14 Juta. Pada saat dibangun, mesin ini merupakan kendaraan engangkut terbesar, namun kini kalah oleh Bagger 288.

4. TAKRAF RB293 : Mesin Terbesar Dalam Sejarah Manusia


Seperti Bagger 288, ini adalah Excavator terbesar yang dibuat oleh perusahaan jerman, TARKAF Industry. Mesin ini memegang rekor sebagai mesin terbesar dan terberat di bumi dan digunakan di tambang batubara di Victoria, Australia

5. Overburden Conveyor Bridge F60 : Mesin Terbesar Yang Dapat Bergerak Bebas


Overburden Conveyor Bridge F60 adalah mesin terbesar yang dapat bergerak bebas. Alat ini di nonaktifkan setelah 13 bulan beroperasi karena alasan Sumber Energi dan Politik. Ketinggian alat ini mencapai 60meter [F60] dan panjang sekitar 502 Meter. Alat ini juga sering disebut "Lying Eiffel Tower" F60 adalah salah satu dari lima Conveyor yang digunakan pada pertambangan batubara di Jerman.

6. Large Hadron Collider : Mesin Akselerator Partikel Terbesar Di Dunia


Large Hadron Collider adalah kompleks pemercepat partikel berenergi tinggi yang terbesar di dunia. Berfungsi untuk menabrakkan dua buah pancaran partikel proton dengan energi kinetik yang sangat besar. LHC dibuat olehBadan Riset Nuklir Eropa(CERN).Proyek ini dimulai sejak tahun 1995, dan merupakan project terbesar yang pernah dilakukan oleh Manusia, dengan menggunakan peralatan paling rumit di dunia, serta memakan biaya lebih dari USD 10 Miliar dengan waktu penyelesaian lebih dari 14 tahun. Terletak 91 meter dibawah perbatasan Franco-Swiss dekat Geneva, Switzerland, mesin yg berbentuk terowongan sepanjang 27 kilometer ini dibangun oleh 10000 ilmuwan dan insinyur, dari lebih 100 negara, serta didukung oleh ratusan universitas dan laboratorium.

7. BHC SR-N4 Mk-3: Hovercraft Non Militer Terbesar


BHC SR-N4 adalah Hovercraft terbesar yang ditujukan untuk mengangkut 418 Penumpang dan 60 Mobil. Desainnya adalah sepanjan 40 meter (131 kaki), berat 190 ton (193 t), mampu melaju hingga 83 knot (154 km / jam). Hovercraft ini dibangun oleh British hovercraft Corporation pada 1966.

referensi :

http://onthespot7langka.blogspot.com/2011/10/7-mesin-raksasa-yang-pernah-dibuat-oleh.html

7 Konsep Motor-Motor Masa Depan

1. Mach Ness


Pabrikan motor Arlen Ness menciptakan monster metal ini dengan ditenagai oleh sebuah mesin gas-turbine helikopter. Lapisan luar dari alumunium dengan rivet-rivet besarnya yg mencolok mata membuatnya sangat unik yang tidak akan didapatkan dari fiber carbon dan plastik. Bodinya dibentuk seluruhnya dengan tangan, ini yang bikin motor sangar ini sulit masuk jalur produksi massal.

2. Icare Bike Concept


Kalau merujuk pada desain untuk motor Batman, mungkin inilah yang paling mendekati. Icare tidak hanya suatu konsep yang super keren, tapi juga sebuh desain nyata yang bisa dibuat. Ditenagai oleh mesin Honda 6 silinder berkapasitas 1,8 liter dengan dua exhauts. Saat ini masih belum bisa dipastikan akan diproduksi massal atau tidak.

3. Swordfish Motorcycle Concept


Kalo pernah membayangkan motor masa depan seperti apa, mungkin tidak ada yang semanis motor ini. Konsep Swordfish Motorcycle dari Alexander Kotlyarevsky ini menunjukkan desain futuristis yang agresif dengan roda hubless-nya. Secara keseluruhan terlihat sangat menarik, kombinasi lekuk-lekuk bodi dan sudut-sudut tajam yang sesuai dengan namanya.

4. Halbo Future Duo-Wheel BMW


Kalo Anda mencari motor kencang dan yang berukuran kecil serta memanjakan keselamatan Anda, ini mungkin yang Anda cari. Desainer Pierre Yohannes mendesain Halbo untuk orang-orang yang peduli lingkungan yang menginginkan sesuatu yang kompak dan bertenaga listrik. Roda depannya stasioner dan buntut di belakangnya yang berbelok. Jadi seperti mengendarai sebuah motorboat.

5. Scarab Motorcycle


Namanya seperti kendaraan di gurun pasir, kenyataannya ini didesain untuk situasi perkotaan. Motor ini bisa beradaptasi dengan berdiri saat diparkir untuk mengantisipasi lahan parkir kota yang semakin sempit. Faktanya Anda dan 3 teman Anda dapat menggunakannya dan hanya memakan space untuk sebuah mobil saja. Designer David Miguel Moreira Gonçalves memimpikan Scarab untuk digunakan sebagai kendaraan sewa sebagai solusi transportasi yang nyaman dan ramah lingkungan.

6. Dodge Tomahawk Motorcycle


The Dodge Tomahawk Motorcycle mungkin satu-satunya motor di daftar ini yang secara teknis sesungguhnya bukan sebuah sepeda motor. Berbasis moto.gifr Viper V-10, kendaraan ini punya mesin bertenaga 500 HP dan 4 roda. Menurut the National Highway Traffic and Safety Administration, apapun yang punya lebih dari 3 roda tidak bisa dikategorikan sebagai sebuah sepeda motor. Ini membuatnya juga sulit untuk diproduksi massal. Sayang memang, padahal monster yang satu ini hanyalah sebuah mesin dengan beberapa roda yang menyediakan tenaga besar di antara kedua kaki kita.
http://www.blogger.com/img/blank.gif
7. Ferrari V4 Motorcycle Concept


Kalo Ferrari bikin motor, bisa dibayangkan kalo acuannya adalah mobilnya. Desainer Amir Glinik menciptakan motor ini dengan lekuk bodi dan sudut dari roh mobil Ferrari, yang mengkombinasikan estetika dan performance. Konsep Ferrari V4 ini mengadaptasi kontrol jet tempur F-16 dan tombol-tombol dari mobil Formula-1.
Referensi :

7Konsep Motor-Motor Masa Depan

8 Hewan terunik yang ada di dunia

1. Leafy Sea Dragon
Binatang ini punya bentuk dan ciri mirip naga. Coba aja liat tuh badan dan warnanya lucu banget kan tapi ini bukan naga koq ini “cumi” (Cuma mirip). Hehehehe… binatang ini punya nama latin Phycodurus eques. Mereka ini masih satu spesies dengan kuda laut Cuma beda jenis aja koq. Binatang unik ini bisa kita jumpai di Australia dan termasuk dalam jenis hewan yang dilindungi. Kuda laut ini hidup di air laut yang dingin, yang suhunya kira-kira 10-12 derajat celcius.
2. Sloth
Sloth, namanya ga kayak binatang ya? Yup nih hewan juga masuk ke family megalonichydae dan Bradypodiae. Apaaan tuh? Yah..itu artinya hewan ini masuk ke famili mamalia dan sudah hidup dari jauh-jauh hari alias binatang purba. Ini juga salah satu hewan yang langka makanya dilindungi. Sloth yang dalam bahasa Indonesia ini desebut juga kukang. Hewan ini adalah hewan termalas di dunia selain koala.Hewan ini mempunyai siklus metabolisme yang lambat banget sehingga geraknya dia tuh juga ikutan lambat. Dia butuh waktu sebulan bahkan lebih cuma untuk mencerna daun yang dia makan. Padahal binatang ini tidak besar malah bisa dibilang agak kecil. Makanan utamanya daun tapi dia juga bisa makan kadal-kadal kecil juga. Kalo dipelihara, bisa hemat nih yang punya.Hewan ini bisa dijumpai di Amerika selatan.
3. Mole
Hewan ini namanya MOLE bisa juga disebut tikus tanah tapi dia makan inverte brata kecil seperti semut dan serangga lainnya. Kalau dilihat-lihat hewan ini memang aneh karena hidungnya yang berwarna merah yang membuat penampilannya menjadi garang. Tentakel ini digunakan sebagai alat untuk mengenali dan mendeteksi mangsanya.Hewan ini hidup di dalam tanah dan aktif di malam hari. Hewan ini tidak hidup di dataran tropis seperti Indonesia. Mole hidup di daerah yang memilki 4 musim seperti Kanada dan Amerika Utara. Belum ada ahli bintang yang mengetahui dengan pasti bagaimana pola hidup dan social hewan ini tapi banyak yang berpendapat bahwa hewan ini hidup berkelompok. Berat seekor mole dewasa mencapai 55 kg.
4. Tapir
kalau dari tadi kita ngomingin dan ngebahas tentang hewan aneh yang ada di luar negeri, sekarang kita bahas tentang hewan aneh dalam negeri yang biasa disebut dengan tapir. Ini hewan endemic yang hidup hanya di suatu tempat saja, Indonesia melindungi satwa yang satu ini dan habitatnya ada di Sulawesiu tengah. Hewan ini memilki bentuk hidung yang aneh yang mirip banget sama babi tapi satwa ini tidak termasuk dalam famili babi. Hewan ini malah disebut-sebut memilki kemiripan dengan badak dan kuda.

5. Aye-aye
Saya tidak tahu bahasa Indonesia-nya nih binatang. Binatang ini mirip tikus tapi bukan tikus. tahu rodent? Tikus yang ada di Australia? Hewan ini lebih mirip sama dia. Aye-aye ini habitat aslinya ada di Madagaskar? Tau madagaskar kan, bukan yang di film itu hehe..ini madagaskar asli. Hewan ini memilki empat kaki yang masing-masing kaki memilki 4 jari. Jari yang paling panjang biasanya digunjakan untuk mengambil makanan. Makanan hewan ini adalah belatung dan hewan lain yang hidup di
dalam pohon. Cara mencari makannya mirip sama burung pelatuk yang melubangi pohon. Kalau woody woodpecker itu pake pelatuknya, yang ini pake jari tengahnya. Hewan ini juga terancam punah karena dari seluruh spesiesnya yang berasal dari genus yang sama hanya tinggal aye-aye yang ada di bumi ini karena kerabatnya yang lain sudah punah beberapa abad yang lalu.
6. Ikan ajolote
Sebenarnya mau nyebut ini ikan tapi bingung juga karena ini binatang punya kaki. Beberapa ahli bilang kalu ini binatang mengalami metamorfosis yang gagal. Jadi bentuknya mirip sama katak yang kecil punya ekor dan kaki Cuma yang ini warnanya putih agak merah muda. Hewan ini bisa ber-regenerasi dengan cepat. Jadi kalau tangannya atau anggota tubuhnya putus dia bisa tumbuh lagi. Hewan ini menjadi obyek penelitian para ahli di Amerika,
7. Dumbo Octopus
Dumbo octopus ini hewan laut yang hidup di kedalaman 300-5000 m dengan ukuran 20 cm. banyak juga yang bilang kalau hewan ini mirip dengan pokemon, hayoo..yang nonton pokemon ngaku…bener gak? Ini satu-satunya octopus yang memiliki daun telinga dan coba liat bagian depannya yang seperti mulut itu bentuknya kayak belalai gajah kan? Yup makanya namanya jadi dumbo octopus kan dulunya dumbo adalah nama gajah, eh salah itu kan jumbo
8. Blobfish
Ini ikan mirip banget ma apa gitu ya? Ikan tapi koq modelnya kayak begini. Tapi, ya sudah karena udah ada yang kasih nama ni hewan pake blobfish. Kita ngikut aja. Hewan ini hidup diperairan dalam Australia dan Tasmania. Jarang ada yang bisa melihat hewan ini karena memang habitanya yang tidak memungkinkan bagi manusia. Cara berenang hewan ini unik banget. Mereka tidak memakai sirip atau ekor tapi dengan cara melayang di dalam air. Tekstur tubuh ni blobfish yang mirp dengan agar-agar memungkinkan dia untuk mengatur kerapatan sel. Meskipun ga punya otot dia tetap bisa merpindah tempat loh.. tapi hewan ini juga memilki kesulitan untuk menelan makanan karena tidak punya otot. Jadi dia cuma makan apapun yang melayang di depannya.

referensi:
http://jadiberita.com/blog/2011/03/09/8-hewan-terunik-yang-ada-di-dunia/

7 Tanda di Bagian Tubuh Cewek Yang Masih Perawan

Untuk lebih spesifik ada 7 Tanda di Bagian Tubuh Cewek Yang Masih Perawan yang perlu diperhatikan diantaranya :
Rata Penuh
1. DAHI
Gadis yang masih suci, dahinya licin. Bila selalu senggama licinnya hilang, justru yang timbul kedutan (garis2) yang kadang nampak kadang tidak ketika ngobrol. Kedutan karena sudah tidak suci, tidak sama dengan kedutan wajah yang dimakan usia. Kedutan suci yang telah hilang, tidak begitu ketara dan tidak begitu nampak, kecuali ketika muka menunjukkan reaksi tertentu seperti sedang ketawa dan bicara, sementara kedutan karena dimakan usia senantiasa nampak dan kekal. Jangan dihilangkan dengan sembarang minyak, walaupun di zaman sekarang ada bermacam2 minyak.

2. HIDUNG
Gadis yang masih suci atau tubuhnya belum disentuh oleh lelaki, ujung hidungnya berwarna kemerah-merahan, jika disentuh ujung hidungnya nampak merah. Gadis yang tidak suci ujung hidungnya merah tetapi merah pucat, terkadang warna merah tidak nampak, yang nampak hanyalah pucat, tak percaya coba liat ujung hidung anak perempuan, merahkan..? Bagi lelaki yang suka merusak kesucian wanita, hidungnya berbelang, oleh karena itu disebut lelaki hidung belang. Wallohu a'lam

3. MATA
dari mana datangnya cinta, dari mata turun ke hati.....
Kita menggunakan mata untuk memandang dan melihat seseorang, cantikkah, bugarkah, luweskah, dsb. Terkadang kita memandang wanita cantik dibagian luar saja, tapi bagian dalamnya sudah habis, untuk mengetahui wanita itu masih suci atau tidak coba tengoklah matanya. Bila bagian bawah kelopak terlipat sedikit dan terdapat tanda lebam (tanda memar) berarti gadis itu sudah tidak suci lagi, mungkin sudah bersuami. lebam yang menunjukkan tidak suci nampak semacam garis2 hitam di bawah kelopak mata disamp?ng warna hitam dibawah kelopak mata sedikit kelihatan berkeriput (berkedut). Gadis yang masih suci matanya berseri2, tidak ada warna hitam, lebam maupun garis2. Apabila gadis itu tertawa di bawah kelopak matanya tidak terdapat apapun, seperti kedut (berkeriput) , bergaris dll.

4. PUNGGUNG
Punggung gadis berubah melalui 2 proses:

1. Punggung gadis menjadi besar karena proses hormon.
2. Punggung gadis menjadi besar karena lelaki.

Punggung yang sudah kena sentuhan lelaki akan menjadi besar, lebih2 yang sudah berhubungan badan. Punggung gadis yang masih suci walaupun gemuk ia masih kelihatan cantik, sebab masih kental dan tegang serta tidak lesu dan jatuh. Cobalah perhatikan pinggang gadis, kalau pinggangnya masih ramping dan punggung tidak besar, tidak montok dan kenyal pada punggungnya. Kalau berjalan punggungnya tidak goyah sebab dagingnya masih solid dan tidak lembut kalau dipegang, artinya dia masih suci. Bagi yang pernah melakukan hubungan badan, punggungnya memang berisi dan besar tetapi tidak kental, punggungnya nampak jatuh, lebih2 disaat ia berjalan, goyangannya tidak melantun.

5. TELINGA
Telinga termasuk salah satu panca indra yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah gadis itu masih suci atau tidak. Di negeri china telinga sebagai peramal untuk mengetahui penyakit didalam tubuh seseorang. Gadis yang tidak pernah disentuh oleh laki2, telinganya cantik dan nampak bersih, kalau gadis itu pernah disetubuhi atau telinganya pernah digigit atau dicium dan disentuh, secara otomatik bentuk telinga gadis itu akan berubah menjadi lebih leper sedikit dan tidak lagi kemerah-merahan dan menjadi pucat. Bagi gadis yang masih suci tapi pernah kena sentuh lelaki, pucatnya tidaklah ketara sangat. Wallahu a'lam.

6. BUAH DADA (payudara)
Peranan buah dada memang banyak, bukan sekedar menggoda nafsu lelaki saja, tapi buah dada sebagai bukti kalau gadis itu pernah disentuh atau tidak. Buah dada gadis yang belum pernah kena sentuh, senantiasa tegang. Tetapi kalau sudah kena sentuhan, buah dada itu tegangnya berkurang dan membesar sedikit dari pada ukuran asalnya, lebih kerap disentuh, lebih kendur. Perhatikan gadis disaat berjalan atau berlari, bergerak2 dan melambai jatuh (ke bawah) dan berbuai sekali berarti ketegangan sudah hilang. Kalau belum kena sentuhan, walaupun buah dada berbuai disaat berlari tetapi buaiannya tidak terlalu melambai2 berarti ketegangan masih ada.


7. GARIS TELAPAK TANGAN
Gadis yang berkulit tebal dan kasar, coba perhatikan kedua telapak tangannya, jikalau retak (peca urat, urat2 yg mrupai retak), bukan karena mungkin di sebabkan tidak tahan bahan pencuci yang mengandung kimia, berati gadihttp://www.blogger.com/img/blank.gifs itu sudah hilang kesuciannya. Gadis yang mashttp://www.blogger.com/img/blank.gifih suci, kedua telapak tangannya halus dan licin. Jika kesuciannya telah hilang, kedua telapak tangannya ketika di tekan warnannya pucat tidak merah, jika di pecet langsung menanjal balik. Satu cara lagi, coba perhatikan telapak tangan kanan, jika ada garis putus2 bagian tengah berarti kesuciannya telah hilang, bila tidak terputus2 berarti ada harapan kesuciannya belum hilang. setelah melihat telapak tangan yang kanan, coba gemgam ibu jari tangannya sebentar saja kira2 satu menit, bila disaat megemgam terasa hangat dan ibu jarinya merah ketika dilepaskan, berarti ada harapan masih suci. Perhatikan pula ibu jarinya, bila nampak pucat sekali walaupun ada rasa hangat berarti kemungkinan besar kesuciannya sudah terbang.

referensi:

http://onthespot7langka.blogspot.com/2011/07/7-tanda-di-bagian-tubuh-cewek-yang.html

Selasa, 04 Oktober 2011

Telematika Dalam Bidang Pemerintahan (e-government).



TELEMATIKA DALAM BIDANG E-GOVERNMENT


1. Definisi Telematika
Telematika berasal dari bahasa perancis “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi merujuk pada sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna.
Para praktisi menyatakan bahwa “Telematics“ adalah singkatan dari “Telecommunication” and “informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu (konvergensi). Semula media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi komunikasi pada saat itu.
Belakangan baru disadari bahwa penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghindarkan media komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah Telematika kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara telekomunikasi, media dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah.
Konvergensi Telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau “The Net”. Dalam perkembangannya istilah “media” dalam Telematika berkembang menjadi wacana “multimedia”. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah “multimedia” semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambigus jika istilah Telematika dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika
Menurut instruksi presiden RI no.6 tahun 2001 tentang kerangka kebijakan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia didapat pengertian telematika sebagai berikut : “……. Telekomunikasi, media dan informatika atau disingkat sebagai teknologi telematika…”.
Alfin Toffler berpendapat bahwa teknologi telekomunikasi dan informatika, kini populer dengan nama telematika (Yuliar,2007). Menurut Yusuf Hadi Miarso (2007) telematika merupakan sinergi teknologi telekomunikasi dan informatika untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary (digital). Telekomunikasi adalah sistem hubungan jarak jauh yang terjalin melalui saluran kabel dan nirkabel (gelombang suara, elektromagnetik, dan cahaya). Sedangkan informatika adalah pengelolaan data yang bermakna dengan sistem binary (digital). Istilah Teknologi dan Komunikasi (ICT = Information and Communication Technology) yang lebih dikenal sekarang ini bermaksud memperluas pengertian telematika.

2. Definisi E-Government
Telematika sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, bahkan menjadi komoditas industri, bisnis informasi, media dan telekomunikasi.
Pemanfaatan internet dalam e-Government juga telah terbukti dapat meningkatkan kinerja pemerintah didalam penyediaan informasi dan penyelenggaraan layanan kepemerintahan kepada masyarakatdankalanganbisnis.E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya e govermenternment adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).

E-Government merupakan urat nadi pemerintahan. Meskipun masih relatif muda, namun tidak sedikit uang rakyat digunakan bagi pengembangan teknologi informasi bagi operasionalisasi pemerintahan dan pelayanan umum. Namun demikian, E-Government belum menunjukkan manfaat yang signifikan bagi efektifitas dan efisiensi jalannya pemerintahan dan pelayanan umum yang terbaik.
 Bank Dunia (World Bank),
“E-Government refers to the use by government agencies of information technologies (such as Wide Area Networks, the Internet, and mobile computing) that have the ability to transform relations with citizens, businesses, and other arms of government.”
"E-Government mengacu pada penggunaan oleh instansi pemerintah teknologi informasi (seperti Wide Area Networks, Internet, dan mobile computing) yang memiliki kemampuan untuk mengubah hubungan dengan warga, bisnis, dan lengan lain dari pemerintah."

 UNDP (United Nation Development Programme),
“E-government is the application of Information and Communicat-ion Technology (ICT) by government agencies.”
"E-government adalah aplikasi Informasi dan Teknologi-ion KOMUNIKASI (TIK) oleh pemerintah."
3. Manfaat e-government
Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:
Manfaat e-government
• Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara;
• Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan (bebas KKN);
• Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari;
• Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan;
• Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada; dan
• Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.
4. Kelembagaan, Regulasi, dan Kebijakan
Perkembangan dan pembangunan telematika memasuki babak baru pada awal tahun 2005 dengan digabungkannya Ditjen Postel yang dahulu berada dibawah Departemen Perhubungan kedalam Depkominfo. Satriya (2005) melihat penggabungan tersebut seyogyanya bisa mempercepat gerak pelaksanaan aplikasi e goverment di seluruh tanah air dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk penyediaan infrastruktur telematika yang sekaligus disinkronkan dengan berbagai aplikasi prioritas.
Begitu pula dari sisi regulasi, sudah ada Instruksi Presiden (Inpres) No. 3 Tahun 2003 tentang Strategi Pengembangan E goverment yang juga sudah dilengkapi dengan berbagai Panduan tentang e goverment seperti:
(1). Panduan Pembangunan Infrastruktur Portal Pemerintah;
(2). Panduan Manajemen Sistem Dokumen Elektronik Pemerintah;
(3). Pedoman tentang Penyelenggaraan Situs Web Pemda; dan lain-lain.
Demikian pula berbagai panduan telah dihasilkan oleh Depkominfo pada tahun 2004 yang pada dasarnya telah menjadi acuan bagi penyelenggaraan e goverment di pusat dan daerah.
Sayangnya beberapa peraturan payung yang diharapkan bisa segera selesai masih belum terwujud, seperti RUU tentang Informasi, dan Transaksi Elektronik yang masih belum dibahas di DPR.
Dalam bidang kebijakan, kelihatannya pemerintah belum berhasil menyusun suatu langkah konkrit yang dapat menggerakkan berbagai komponen pemerintah(lintas sektor) untuk saling bekerja sama membangun dan menjalankan aplikasi yang memang harus disinergikan.Hingga sekarang pemanfaatan telematika untuk Kartu Tanda Penduduk, Perpajakan, Imigrasi, dan Kepegawaian yang sangat dibutuhkan dalam reformasi pemerintahan masih belum terlaksana. Masih mahalnya tarif Internet, termasuk Broadband, rupanya telah mulai menarik perhatian Menteri Kominfo seperti diungkapkan beberapa waktu lalu dalam ajang Indo Wireless 2006 (Detik,14/3/06). Kombinasi pemanfaatan kapasitas telepon tetap eksisting dan berbagai teknologi nirkabel lainnya sudah seharusnya bisa didukung oleh sistemtarif yang sudah memanfaatkan kompetisi dalam sektor telematika ini. Begitu pula alternatif penyediaan infrastruktur telematika di daerah terpencil, perbatasan, dan tertinggal masih belum bisa memaksimalkan pemanfaatan dana Universal Service Obligation (USO) yang telah dikutip dari operator.

5. Strategi Pengembangan e-Government
• Pengembangan sistem pelayanan yang handal dan terpercaya serta terjangkau masyarakat luas
• Penataan sistem manajemen dan proses kerja pemerintah Pusat dan Daerah secara holistik
• Pemanfaatan teknologi informasi secara optimal
• Peningkatan peran serta dunia usaha dan pengembangan industri telekomunikasi dan teknologi informasi
• Pengembangan SDM di pemerintahan dan peningkatan e-literacy masyarakat
• Pelaksanaan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur

6. Hambatan dalam Mengimplementasikan E-Government
Jika dilihat dari keteranan di atas, tentunya sangat diinginkan adanya E-Government di Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi hambatan atau tantangan dalam mengimplementasikan E-Government di Indonesia.
• Kultur berbagi belum ada.
Kultur berbagi (sharring) informasi dan mempermudah urusan belum merasuk di Indonesia. Bahkan ada pameo yang mengatakan: “Apabila bisa dipersulit mengapa dipermudah?”. Banyak oknum yang menggunakan kesempatan dengan mepersulit mendapatkan informasi ini.
• Kultur mendokumentasi belum lazim.
Salah satu kesulitan besar yang kita hadapi adalah kurangnya kebiasaan mendokumentasikan (apa saja). Padahal kemampuan mendokumentasi ini menjadi bagian dari ISO 9000 dan juga menjadi bagian dari standar software engineering.
• Langkanya SDM yang handal.
Teknologi informasi merupakan sebuah bidang yang baru. Pemerintah umumnya jarang yang memiliki SDM yang handal di bidang teknologi informasi. SDM yang handal ini biasanya ada di lingkungan bisnis / industri. Kekurangan SDM ini menjadi salah satu penghambat implementasi dari e-government. Sayang sekali kekurangan kemampuan pemerintah ini sering dimanfaatkan oleh oknum bisnis dengan menjual solusi yang salah dan mahal.
• Infrastruktur yang belum memadai dan mahal.
Infrastruktur telekomunikasi Indonesia memang masih belum tersebar secara merata. Di berbagai daerah di Indonesia masih belum tersedia saluran telepon, atau bahkan aliran listrik. Kalaupun semua fasilitas ada, harganya masih relatif mahal. Pemerintah juga belum menyiapkan pendanaan (budget) untuk keperluan ini.
• Tempat akses yang terbatas.
Sejalan dengan poin di atas, tempat akses informasi jumlahnya juga masih terbatas. Di beberapa tempat di luar negeri, pemerintah dan masyarakat bergotong royong untuk menciptakan access point yang terjangkau, misalnya di perpustakaan umum (public library). Di Indonesia hal ini dapat dilakukan di kantor pos, kantor pemerintahan, dan tempat-tempat umum lainnya.

7. Fenomena
• E-Government merupakan salah satu sektor pengembangan ICT yang berjalan lambat tidak signifikan dgn besarnya biaya yg sudah dikeluarkan negara
• Faktor politis dan moril menyumbang cukup besar thd tidak signifikannya dana yg sudah dikeluarkan dgn hasil yg diharapkan
• Otonomi daerah & lemahnya kebijakan nasional di bidang e-gov menyebabkan kesenjangan perkembangan e goverment antar daerah
• Perbedaan kemampuan SDM, finansial, komitment pimpinan, ketentuan hukum daerah, pengaruh rekanan, moril dan politik menyebabkan makin lama kesenjangan antar daerah makin lebar
• Ego sektoral menyebabkan terjadinya duplikasi database, sehingga data produk pemerintah cenderung kurang dipercaya.
• Kebijakan mengambang Pemerintah Pusat mengakibatkan Pembangunan & pengembangan database nasional makin sulit diwujudkan

8. Prinsip dasar

Dalam pemanfaatannya untuk pembangunan, diperlukan pemahaman bahwa e-gov :
(1) hanyalah alat;
(2) mempunyai resiko terhadap integrasi data yang sudah ada;
(3) bukanlah pengganti managemen publik dan kontrol internal pemerintahan;
(4) masihdiperdebatkan peranannya dalam hal mengurangi praktek KKN;
(5) juga masih diragukan untuk dapat membantu mengurangi kemiskinan;dan
(6) memerlukan kerjasama antar ICT profesional dan pemerintah.Sebagai salah satu aplikasi telematika yang termasuk baru di bidang kepemerintahan, maka diperlukan waktu dan proses sosialisasi yang memadai agar para pelaku birokrasi dan masyarakat mampu memahami e-gov untuk kemudian mendayagunakan potensinya dan tidak terjebak kepada paradgima lama, project oriented activities.

KESIMPULAN DAN SARAN


Memperhatikan perkembangan pelaksanaan e goverment di Indonesia serta hasil-hasil yang telah dicapai hingga saat ini, maka mau tidak mau konsep dan strategi pelaksanaan e govermentermenterment membutuhkan penyempurnaan diberbagai sisi.Penundaan pelaksanaan revitalisasi e govermenterment hanya akan menjauhkan negeri ini dari cita-cita reformasi yang sebenar-benarnya, yaitu memperbaiki mutu pelayanan publik kepada seluruh masyarakat serta pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui peningkatan efisiensi birokrasi.
Pelaksanaan revitalisasi e govermenterment harus memperhatikan kesiapan pemerintah dan masyarakat, sesuai prinsip-prinsip dasar serta bertahap


Referensi :
http://law.ui.ac.ic/lama/telematika/index.html
http://www.indonesia.go.id/id/produk_uu/isi/inpres2001/ip%206-2001%20lamp.html
http://www.google.com
http://suniscome.50webs.com/data/download/032%20MAKALAH%20TI%5B1%5D.pdf
http://myanotes.blogspot.com/2009/10/pemanfaatan-telematika-di-berbagai.html

Rabu, 17 Agustus 2011

APLIKASI TANAMAN OBAT TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN J2ME_Muhienj


1 Latar Belakang Masalah

Dunia teknologi saat ini semakin pesat perkembangannya seiring dengan kemajuan
zaman,salah satunya teknologi mobile.Teknologi yang berbasiskan mobile yang biasa kita
sebut dengan handphone kini semakin banyak diminati oleh maysarakat.Teknologi mobile
bisa digunakan untuk mengirimkan pesan,telepon,bermain game,ataupun jejaring sosial
seperti facebook.Bahkan dengan handphone kita bisa mencari berbagai macam informasi
dengan mudah.
Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati,salah satunya adalah tanaman obat
tradisional.Tapi sayangnya penggunaan tanaman sebagai alternatif pengobatan tradisionil kurang popular atau kurang terkenal di masyarakat.Hal ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat banyak menggunakan obat kimiawi dari dokter untuk menyembuhkan penyakit tanpa pernah mencoba khasiat dari tanaman obat tradisional yang ada di negarakita ini.Padahal penggunaan obat kimiawi yang digunakan secara berlebihan akanberdampak kurang baik atau bisa menumpuk didalam tubuh.Bisa dikatakan masyarakatlebih percaya pada pengobatan kimia dibandingkan dengan resep tradisional untuk penyembuhan penyakit.
Dari dasar itulah,penulis ingin membuat sebuah aplikasi yang berbasiskan mobile
J2ME,dengan judul Aplikasi Tanaman Obat Tradisional Dengan Menggunakan J2ME.Dengan aplikasi ini,penulis mengharapkan agar masyarakat tidak melupakan tanaman obat tradisional yang sudah ada di Indonesia sejak nenek moyang.Sehingga,generasi berikutnya bisa mengetahui dan mengenal tanaman obat penyembuh penyakit didalam tubuh.

2 Batasan Masalah
Pada penulisan ilmiah ini,penulis hanya membatasi pembahasan hanya seputar
informasi obat – obat tradisional yang terdapat di Indonesia diantaranya adalah nama – nama tanaman obat tradisional,khasiat dan komposisi tanaman tradisional,nama latin
tanaman obat tradisional,nama – nama penyakit beserta cara pemakaiannya.Selain itu
penulis membatasi hanya untuk Handphone suport java dan telah diimplementasikan
dengan HP Sony Ericson kepada masyarakat.

3 Tujuan Penulisan
Seperti yang telah diuraikan pada pembahasan diatas,penulis membuat aplikasi ini
bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi mastarakat untuk mengetahui tanaman obat tradisional apa saja yang dapat dijadikan obat pada umumnya.Selain itu,untuk melestarikan pemakaian tanaman obat – obat tradisional yang ada di Indonesia dengan berbagai macam tempat penyebarannya.
4 Metodologi Penulisan
Metodologi penelitian yang dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu
1. Tahap pengumpulan data
Pengumpulan data yang dilakukan melalui studi pustaka atau perpustakaan kampus,buku buku yang membahas tentang tanaman obat tradisional,buku panduan lengkap untuk pembuatan aplikasi menggunakan J2ME dan mencari data dari internet berkenaan dengan bahan materi aplikasi yang dibuat.
2 Perancangan aplikasi
Perancangan aplikasi dilakukan dengan membuat rancangan terhadap program yang
akan dibuat.Perancangan berupa struktur navigasi program,struktur tampilan halaman,
struktur penampilan input dan output program.Aplikasi ini menggunakan platform j-creator sebagai emulator untuk memasukan kodingnya.Selain itu,penulis menggunakan aplikasi photoshop sebagai pengolah gambar untuk membuat icon – icon dalam program.Sedangkan untuk pengeksekusian runningnya program menggunakan J2ME.
3. Uji coba
Uji coba program dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis merk handphone
yang pada umumnya dimiliki masyarakat.Untuk mempermudah penggunaan aplikasi ini
dalam uji coba,penulis memberikan contoh vendor dari seri handphone,yaitu :
 Nokia 6300
 Nokia E72
 Nokia 5310
 Nokia 6120 Clasic
 BB pearl 3G
 BB Curve 8520
 Motorola Q9H
 Ti Phone T78
 Sony Ericson C510
 Sony Ericson Zylo
 Sony Ericson K770i
 Sony Ericson K660i
 Dll
4. Implementasi
Implementasi aplikasi ini sudah dicoba atau diterapkan kepada masyarakat yang
membutuhkan informasi lengkap tentang tanaman obat tradisional yang bisa digunakan
dengan mudah dan sederhana pemakaiannya.Selain itu aplikasi ini juga diimplimentasikan kepada para pelajar secara khusus yang sedang mempelajari tentang tanaman obat tradisional yang ada di Indonesia.

untuk download aplikasi :
Aplikasi Tanaman Obat Tradisional_Mobile_Muhienj.zip

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More